image
Digitalize or Disappear: Ubah Hotel Jadi Magnet Wisatawan Digital di Era Baru Pariwisata
8 July 2025

Indonesia, sebagai salah satu tujuan wisata terkemuka dunia, menempati posisi strategis dalam ekonomi pariwisata global. Keindahan alam yang memukau dan kekayaan budaya yang beragam terus menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara. Pada 2023, sektor Travel & Tourism Indonesia tumbuh sebesar 29,5%, menyumbang hampir Rp 1 008 triliun atau setara 4,8% dari total PDB negara (Sumber: wttc.org). Selain itu, kunjungan wisatawan mancanegara pada 2024 mencapai 13,9 juta orang, tertinggi sejak pandemi (Sumber:gowithguide.com). Mencerminkan tren pertumbuhan pariwisata yang positif dan berkelanjutan. Namun demikian, persaingan global menuntut lebih dari sekadar “alam dan keramahan”. Transformasi digital dalam industri hospitality bukan lagi sebuah opsi, melainkan kebutuhan yang mendesak. Pengalaman wisatawan tidak hanya dinilai dari tempat yang dikunjungi, tetapi juga dari kualitas layanan dan kenyamanan selama mereka menginap. Wisatawan modern mengharapkan fasilitas yang menunjang gaya hidup digital mereka. Mulai dari akses internet yang cepat dan stabil, sistem reservasi mandiri yang praktis, hingga kamar pintar yang terotomatisasi untuk menciptakan pengalaman menginap yang lebih personal dan efisien. Sebagai solusi, PLN Icon Plus hadirkan paket Smart & Green Hotel dan Smart Stay untuk mendukung digitalisasi sektor perhotelan Indonesia: 1. Smart Infrastructure Paket ini menyediakan internet corporate, router dan access point, serta layanan pemantauan I‑SEE Untuk area publik seperti lobi dan restoran, layanan i-WIN dari PLN Icon Plus juga dapat diintegrasikan guna menghadirkan koneksi Wi-Fi publik yang aman dan dapat dimonetisasi. 2. Smart Room Fitur otomatisasi kamar seperti smart TV, dan perangkat smart home (smart bulb, smart curtain, voice speaker, dan door lock) menghadirkan pengalaman menginap yang modern dan mudah bagi tamu. 3. Smart Management & Seat Management Layanan berbasis cloud,i-office dengan sistem manajemen staf. , serta produk laptop, printer dan scanner untuk membantu efisiensi operasional hotel. 4. Green Environment Tambahan seperti panel surya, EV Charging, smart pool, dan smart garden mendukung konsep hotel hijau yang ramah lingkungan dan hemat energi. Dengan skema paket Crown, Diamond, dan platinum, hotel skala kecil hingga besar dapat memilih layanan sesuai kebutuhan. Model ini mendukung transformasi digital secara bertahap yang terukur dan hemat biaya. Relevansi dan urgensi transformasi ini semakin jelas jika melihat proyeksi pertumbuhan sektor pariwisata ke depan. Menurut data WTTC, pada tahun 2034, ekonomi pariwisata Indonesia diperkirakan akan mencapai hampir Rp 1.8T, dengan kontribusi sekitar 5,3% terhadap PDB nasional (Sumber: wttc.org). Dalam menghadapi pertumbuhan yang pesat ini, dukungan teknologi seperti yang dihadirkan oleh PLN Icon Plus menjadi faktor kunci dalam mempercepat transformasi digital di sektor hospitality. “Smart and Green Hotel dan Smart Living merupakan layanan terkini dari PLN Icon Plus dalam merealisasikan experience terdepan dalam bisnis hospitality dengan mengedepankan konsep digital dan green dalam rangka mengharmonisasikan teknologi, digitalisasi, dan lingkungan hijau yang berkesinambungan nan lestari. Experience digital and green tersebut juga diharapkan dapat dirasakan oleh pelanggan-pelanggan hotel dan membuat mereka lebih nyaman dan betah tinggal dalam properti hotel tersebut” Ujar Wahyu Haris Kusuma Atmaja selaku Vice President Marketing PLN Icon Plus. . Melalui paket Smart & Green Hotel dan Smart Stay, PLN Icon Plus menghadirkan solusi cerdas yang dirancang untuk menjawab kebutuhan era modern. Memberikan pengalaman tamu yang lebih nyaman, operasional yang efisien, serta mendukung keberlanjutan lingkungan. Inilah langkah nyata untuk memperkuat posisi pariwisata Indonesia agar semakin maju, modern, dan berdaya saing di kancah global. Informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi representative PLN Icon Plus atau Tim Pemasaran PLN Icon Plus melalui email marketing@iconpln.co.id dan mengunjungi laman Instagram marketing.plniconplus

Indonesia, sebagai salah satu tujuan wisata terkemuka dunia, menempati posisi strategis dalam ekonomi pariwisata global. Keindahan alam yang memukau dan kekayaan budaya yang beragam terus menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara. Pada 2023, sektor Travel & Tourism[TARP1]  Indonesia tumbuh sebesar 29,5%, menyumbang hampir Rp 1 008 triliun atau setara 4,8% dari total PDB negara (Sumber:  wttc.org). Selain itu, kunjungan wisatawan mancanegara pada 2024 mencapai 13,9 juta orang, tertinggi sejak pandemi (Sumber:gowithguide.com). Mencerminkan tren pertumbuhan pariwisata yang positif dan berkelanjutan.

Namun demikian, persaingan global menuntut lebih dari sekadar “alam dan keramahan”. Transformasi digital dalam industri hospitality[TARP2]  bukan lagi sebuah opsi, melainkan kebutuhan yang mendesak. Pengalaman wisatawan tidak hanya dinilai dari tempat yang dikunjungi, tetapi juga dari kualitas layanan dan kenyamanan selama mereka menginap.

Wisatawan modern mengharapkan fasilitas yang menunjang gaya hidup digital mereka. Mulai dari akses internet yang cepat dan stabil, sistem reservasi mandiri yang praktis, hingga kamar pintar yang terotomatisasi untuk menciptakan pengalaman menginap yang lebih personal dan efisien.

Sebagai solusi, PLN Icon Plus hadirkan paket Smart & Green Hotel dan Smart Stay untuk mendukung digitalisasi sektor perhotelan Indonesia:

  1. Smart Infrastructure[TARP3] 
    Paket ini menyediakan internet corporate kecepatan hingga 500 Mbps, router dan access point kelas industri, serta layanan pemantauan jaringan I‑SEE memastikan konektivitas selalu stabil dan aman. Untuk area publik seperti lobi dan restoran, layanan i-WIN dari PLN Icon Plus juga dapat diintegrasikan guna menghadirkan koneksi Wi-Fi publik yang aman dan dapat dimonetisasi.
  2. Smart Room
    Fitur otomatisasi kamar seperti smart TV, dan perangkat smart home (smart bulb, smart curtain, voice speaker, dan door lock
    [TARP4] [TARP5] ) menghadirkan pengalaman menginap yang modern dan mudah bagi tamu.
  3. Smart Management & Seat Management
    Layanan berbasis cloud Office,i-office dengan sistem manajemen staf. dan tamu, serta produk laptop, printer dan scanner untuk platform meeting room membantu efisiensi operasional hotel.
  4. Green Environment paket Crow
    Tambahan seperti panel surya, EV
    Charging, smart pool, dan smart garden [TARP6] mendukung konsep hotel hijau yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Dengan skema paket CrownBronze, Diamond Silver, dan platinum Gold, hotel skala kecil hingga besar dapat memilih layanan sesuai kebutuhan. Model ini mendukung transformasi digital secara bertahap yang terukur dan hemat biaya.

Relevansi dan urgensi transformasi ini semakin jelas jika melihat proyeksi pertumbuhan sektor pariwisata ke depan. Menurut data WTTC, pada tahun 2034, ekonomi pariwisata Indonesia diperkirakan akan mencapai hampir Rp 1.8T, dengan kontribusi sekitar 5,3% terhadap PDB nasional (Sumber: wttc.org). Dalam menghadapi pertumbuhan yang pesat ini, dukungan teknologi seperti yang dihadirkan oleh PLN Icon Plus menjadi faktor kunci dalam mempercepat transformasi digital di sektor hospitality[TARP7] .

“Smart and Green Hotel dan Smart Living merupakan layanan terkini dari PLN Icon Plus dalam merealisasikan experience terdepan dalam bisnis hospitality dengan mengedepankan konsep digital dan green dalam rangka mengharmonisasikan teknologi, digitalisasi, dan lingkungan hijau yang berkesinambungan nan lestari. Experience digital and green tersebut juga diharapkan dapat dirasakan oleh pelanggan-pelanggan hotel dan membuat mereka lebih nyaman dan betah tinggal dalam properti hotel tersebut” Ujar Wahyu Haris Kusuma Atmaja selaku Vice President Marketing PLN Icon Plus.

Transformasi digital bukan sekadar tren, tetapi telah menjadi faktor penentu agar industri hospitality di Indonesia tetap relevan dan kompetitif. Melalui paket Smart & Green Hotel dan Smart Stay, PLN Icon Plus menghadirkan solusi cerdas yang dirancang untuk menjawab kebutuhan era modern. Memberikan pengalaman tamu yang lebih nyaman, operasional yang efisien, serta mendukung keberlanjutan lingkungan.

Inilah langkah nyata untuk memperkuat posisi pariwisata Indonesia agar semakin maju, modern, dan berdaya saing di kancah global.

Informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi representative PLN Icon Plus atau Tim Pemasaran PLN Icon Plus melalui email marketing@iconpln.co.id dan mengunjungi laman Instagram marketing.plniconplus

 


 [TARP1]Ini di italic atau pake bindo aja

 [TARP2]Italic atau pake indo

 [TARP3]Layoutnya diperhatikan, yg bawahnya jg

 [TARP4]italic

 [TARP5]wifi door lock?

 [TARP6]italic

 [TARP7]italic



Share: