Di Indonesia, pemanfaatan teknologi smart home
semakin berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan kenyamanan yang
optimal. Dalam beberapa tahun terakhir, perangkat pintar semakin populer dengan
menghadirkan berbagai inovasi yang memberikan kemudahan, keamanan, serta
pengelolaan energi yang lebih baik di rumah (Sumber: Dari Kunci Pintar hingga
Sensor Gerak: Inovasi dalam Teknologi Rumah Pintar - TIMES Indonesia). Tren ini
juga merambah ke sektor perhotelan, yang mulai mengadopsi digitalisasi guna meningkatkan
pengalaman tamu serta mendukung keberlanjutan operasional.
PLN Icon Plus menghadirkan konsep “Experience
Eco-Smart Hospitality with Luxury and Sustainability” yang bertujuan
menciptakan pengalaman menginap modern dengan tetap mengutamakan optimalisasi
dan kelestarian lingkungan. Melalui penerapan teknologi digital, manajemen hotel
dapat meningkatkan efektivitas operasional sekaligus menawarkan kenyamanan
lebih bagi tamu dengan solusi yang ramah lingkungan.
Perangkat pintar dalam kamar hotel kini
menjadi elemen penting dalam menghadirkan pengalaman menginap yang nyaman.
Teknologi seperti Smart TV, Smart Lighting, Smart Curtain, dan Voice Smart
Speaker memungkinkan tamu mengontrol berbagai fasilitas hanya dengan sentuhan
atau perintah suara. Selain memberikan kemudahan, teknologi ini juga mendukung optimalisasi
energi yang sejalan dengan tren keberlanjutan dalam industri perhotelan.
PLN Icon Plus menyediakan berbagai solusi
digital dalam konsep Smart & Green Hotel untuk mendukung transformasi digital
di industri ini. Dengan integrasi perangkat pintar, suasana hotel akan lebih
modern dan nyaman bagi para tamu, sekaligus meningkatkan daya saing di era
digital. Selain meningkatkan pengalaman menginap, penerapan teknologi ini juga
membantu manajemen hotel dalam mengoptimalkan penggunaan energi sehingga lebih
hemat biaya operasional dalam jangka panjang.
“Smart and Green Hotel dan Smart Living
merupakan layanan terbaru dari PLN Icon Plus yang menghadirkan pengalaman
terbaik dalam industri hospitality. Dengan mengedepankan konsep digital dan
keberlanjutan, kami berharap dapat mengharmonisasikan teknologi, digitalisasi,
dan lingkungan hijau yang berkelanjutan. Konsep ini juga diharapkan dapat
memberikan pengalaman terbaik bagi tamu hotel, membuat mereka lebih nyaman dan
betah selama menginap,” ujar Wahyu Haris Kusuma Atmaja, VP Pemasaran PLN Icon
Plus.
Melalui penerapan Smart & Green Hotel, PLN
Icon Plus menghadirkan solusi inovatif bagi industri perhotelan di Indonesia.
Otomatisasi layanan, seperti sistem pemesanan berbasis AI, smart room yang
dapat dikendalikan melalui aplikasi, serta analisis data untuk meningkatkan
pengalaman pelanggan, menjadi bagian dari upaya digitalisasi yang terintegrasi.
Selain itu, penggunaan energi hijau seperti panel surya, sistem manajemen
energi cerdas, serta pengurangan limbah plastik dan air, turut membantu
menciptakan operasional hotel yang lebih efisien dan ramah lingkungan.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi
ini, baik untuk wilayah Jabodetabek maupun di luar Jabodetabek, dapat
menghubungi Tim Pemasaran PLN Icon Plus melalui email marketing@iconpln.co.id,
mengunjungi akun Instagram marketing.plniconplus, atau menghubungi nomor
081110676423.