Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2024 jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai lebih dari 65 juta, menyumbang sekitar 61% terhadap Prdouk Domestik Bruto (PDB ) nasional dan menyerap lebih dari 97% tenaga kerja nasional (Sumber: djpb.kemenkeu.go.id). Namun di tengah ketatnya persaingan pasar dan perubahan perilaku konsumen yang semakin digital, tantangan terbesar bagi UMKM saat ini adalah bagaimana mereka dapat bertransformasi secara digital agar tetap relevan, efisien, dan kompetitif.
PLN Icon Plus hadir mendampingi proses transformasi tersebut dengan menyediakan solusi teknologi digital yang terjangkau, mudah diakses, dan tepat guna bagi pelaku UMKM. Dalam upaya mendukung pertumbuhan UMKM dan mendorong digitalisasi, PLN Mobile menghadirkan terobosan melalui fitur marketplace. Fitur ini menjadi ruang baru bagi para pelaku UMKM binaan untuk memasarkan produk mereka secara digital kepada jpengguna PLN Mobile yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui Marketplace PLN Mobile, para pelaku UMKM kini memiliki akses ke pemasaran digital tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat platform e-commerce sendiri serta dapat melakukan pencatatan transaksi, pemantauan stok, pemrosesan pesanan, hingga layanan pelanggan.
Manfaat ini terasa nyata terutama bagi UMKM yang sedang tumbuh dan ingin naik kelas. Dengan dukungan teknologi yang tepat, usaha kecil dapat melakukan otomatisasi yang sebelumnya hanya dimiliki oleh bisnis besar. Seperti disampaikan oleh mantan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, “Digitalisasi bukan hanya soal akses pasar, tetapi juga tentang efisiensi proses bisnis, transparansi, dan kemudahan akses terhadap pembiayaan.” (Sumber: Digitalisasi Koperasi dan UMKM Penting untuk Modernisasi Ekonomi Indonesia | tempo.co).
Marketplace di PLN Mobile ini memberikan keuntungan bagi pelaku UMKM dengan peningkatan penjualan dan promosi produk yang lebih luas, serta mendorong untuk go digital. Digitalisasi ini menjadi langkah penting bagi keberlanjutan bisnis di era teknologi seperti sekarang.
Vice President PLN Mobile M. Ryan Agung Putra Perdana dalam pernyataannya menyampaikan bahwa "PLN Mobile hadir di sini untuk mengajak kepada generasi muda agar mengetahui PLN Mobile selain untuk tujuan rebranding ke lifestyle. Selama ini kami melihat segmen PLN Mobile ini masih menyasar di generasi milenial. Kini, kami juga ingin masuk generasi baru, Gen Z," ujar Ryan
Melalui PLN Mobile UMKM kini tidak lagi harus berjalan sendiri menghadapi era digital. Infrastruktur dan teknologi yang sebelumnya terkesan kompleks dan mahal, kini dapat diakses dengan mudah dan disesuai dengan kebutuhan. PLN Icon Plus tidak hanya menyediakan koneksi, tetapi sebagai mitra transformasi yang memahami dinamika dan kebutuhan ekosistem UMKM di Indonesia.
Informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi representative PLN Icon Plus atau Tim Pemasaran PLN Icon Plus melalui email marketing@iconpln.co.id dan mengunjungi laman Instagram marketing.plniconplus